Fitur Microsoft Word Untuk Mempermudah Anda Dalam Mengerjakan Skripsi

Fitur Microsoft Word Untuk Mempermudah Anda Dalam Mengerjakan Skripsi

Fitur word untuk mempermudah mengerjakan skripsi

Skripsi merupakan hal wajib bagi mahasiswa untuk mendapatkan gelar akademisnya, maka tak heran microsoft word menjadi salah satu software yang selalu setia menemani mahasiswa dalam menyusun skripsi.

Walau banyak yang menggunakan, tapi gak semua orang tahu kalau di Ms Word mempunyai fitur yang mempermudah anda dalam membuat skripsi.

Mau tahu apa saja fitur di microsoft word yang perlu kalian pelajari agar skripsimu cepat selesai ? simak tipsnya dibawah ini

1. Membuat daftar isi secara otomatis

daftar isi secara otomatis

Daftar isi merupakan bagian wajib dalam skripsi. Tapi tak jarang mahasisiwa masih menggunakan cara manual yang begitu menyita banyak waktu untuk menyusunya, padahal ada cara lebih gampang dan otomatis dengan fitur table of content

daftar isi secara otomatis

Untuk membuatnya kalian pergi ke menu refrensi kemudian pilih Table of Content


2. Membuat daftar gambar

membuat daftar gambar otomatis

Daftar gambar biasanya berupa list gambar dan disertai nomer halaman, namun untuk menyusunnya cukup menyita banyak waktu. Jika dalam skripsi hanya memuat beberapa gambar saja tidak masalah akan tetapi kalau ada begitu banyak gambar kalian cukup repot dibuatnya. Maka kalian harus mencoba fitur Caption yang sudah disediakan ms word.

Caranya dengan meyeleksi gambar yang diinginkan kemudian pergi ke menu refrensi dan klik insert caption. Jika ingin ditambah keterangan nama gambar gunakan new label yang ada dalam caption.


3. Mencari kata yang salah dengan Find and Replace

find and replace
find and replace

Fitur Find and Replace digunakan untuk menacari sebuah kata yang salah dalam penulisan kemudian dikoreksi dan diganti secara otomatis. Bayangkan jika dalam sebuah penulisan skripsi ternyata kata komunikasi salah, yang benar seharusnya menggunakan bahasa inggris yaitu communication. Kalian tidak usah repot repot scroll kebawah cukup gunakan fitur find and replace ini.

Untuk menggunakannya cukup tekan "CTRL + H". Maka tampilannya akan muncul seperti gambar diatas. kata find what diisi kata yang akan diganti, replace with diisi dengan kata yang akan menggantikannya.


4. Membuat daftar pustaka otomatis

membuat daftar pustaka

Skripsi juga mengharuskan memuat daftar pustaka. Daftar pustaka sendiri adalah suatu susunan tulisan di akhir sebuah karya ilmiah sebagai rujukan seorang penulis dalam bekarya, biasanya terdapat nama penulis, judul, penerbit, kota terbit, identitas dan tahun terbit.

Banyak mahasiswa yang tidak tahu teknik ini kemudian menggunakan cara manual dengan mengetikan satu satu, padahal ms word sudah meyediakan fitur citation. Fitur ini sangat mudah digunakan karena langsung menyediakan tempatnya, tinggal isi kolom dan sesuaikan rujukan penulisan skripsi kalian.

Untuk menggunakan fitur ini pindah ke menu refrensi, pilih insert citation dan klik add new source. Untuk membuat daftar pustaka otomatis, gunakan menu Bibliography dari ketentuan jurusan, pastikan format di bibliography sama dengan format yang telat ditentukan.


Itulah beberapa fitur di microsoft word yang mungkin belum anda ketahui, padahal fitur tersebut  akan membantu kalian dalam menyusun skripsi secara cepat. Karena pada dasarnya kalian semua ingin mengerjakan skripsi secara cepat dan tepat waktu agar dapat wisuda tepat pada waktunya.

Previous Post
Next Post

post written by:

0 Comments: